Mohon Perhatian ! "Jika Laman website ini tidak tampil dengan sempurna mohon matikan terlebih dahulu ADBLOCK anda kemudian refresh ulang laman ini. Terima Kasih."

Komponen Turbocharger Dan Fungsinya

Saturday, January 19th 2019. | komponen, turbo
Advertisement

Advertisement

Komponen Turbocharger Dan Fungsinya

Adapun komponen komponen utama dari mesin turbocharger yang dapat mereka pahami ialah sebagai setelah itu ini.

Komponen Turbocharger Dan Fungsinya

Turbine Shaft

turbin ialah bagian komponen mekanik yang ada dlm sistem turbo yang mempunyai manfaat bagi mengkonversikan energi panas dari fluida gas buang hasil pembakaran yang masih mempunyai sisa pembakaran tak ideal dan energi panas yang melaluinya jadi energi gerak yang memutar poros turbo.

kompressor Whell

kompressor ini mempunyai manfaat mengubah energi gerak atau putar yang dihasilkan oleh turbine shaft yang disalurkan ke kompressor whell lewat poros jadi energi kompresi yang mendorong udara lebih banyak agar masuk termasuk juga ruangan bakar. derajat kecepatan putaran dari kompressor whell ini sama dengan putaran turbine shaft.

Bearing Housing / Center Housing

Masing masing dari komponen turbin serta kompresor pada mesin turbocharger disusun atas bagian rotor serta rumah casing. Dari keduanya ini berada pada satu poros yang sama yang ditopang oleh bagian sistem bearing diantara keduanya. dlm perakitannya antara turbin housing dan juga kompressor housing ini disatukan oleh bagian sistem yang dinamakan center housing and rotating assembly atau disingkat dengan istilah CHRA. karna sistem bearing ini juga terletak pada sistem CHRA jadi lubrikasi dari sistem turbocharger inipun juga terpusat pada CHRA. Dan didalam CHRA dibawah ini sistem sirkulasi pelumasan dari oli serta pendinginan turbo jalan.

Intercooler

karna udara yang dikompresi dari baling baling kompressor yang terputar dengan putaran yang amat tinggi mau menyebabkan temperatur udara lantas jadi meningkat. Dan oleh sebab itu pada bagian sistem turbocharger diperlukan yang namanya intercooler yang berguna bagi menurunkan temperatur dari udara yang dikompresi ini.

Blow-Off Valve

Komponen ini nyaris sama dengan wastegaste cuma saja posisinya yang berada pada bagian depan intercooler yang menuju termasuk juga ruangan bakar ( bagi lebih jelasnya simak gambar di atas ) . manfaat dari komponen ini ialah bagi membuang udara terkompresi yang berlebihan yang hendak masuk keruang bakar dikala akselerasi dari kendaraan diturunkan.

Contoh simplenya ialah dikala pengemudi mobil melepas pedal gas, jadi udara terkompresi ini dengan cara otomatis berlebihan sedagkan ruangan bakar gak membutuhkan, hingga  udara terkompresi ini mau dibuang lewat katup blow off valve ini hingga gak terus menerus dipaksakan masuk termasuk juga ruangan bakar. Bila gak jadi udara mau terus mengalir dan desakan pada sistem mau makin tinggi yang dapat menimbulkan kebocoran pada sistem intercooler atau komponen lainnya.

Wastegate Actuator

manfaat dari wastegaste actuator ini ialah aktuator yang berguna bagi buka bypass valve agar membuang gas buang kendaraan pada keadaan tertentu yang berlebihan agar gak masuk termasuk juga sistem turbin dan meneruskan membuangnya menuju exaust atau knalpot dikala mesin tengah berakselerasi. Dan dikala mesin dlm situasi stabil jadi valve bypass mau ditutup.

Wastegaste ini bekerja berdasarkan pegas per yang dapat disetel kekencangannya hingga tehnisi dapat menyetel seberapa kencang bagi memperoleh kebolehan yang tambah baik dari bagian mesin turbocharger.

sekian artikel tentang Komponen Turbocharger Dan Fungsinya yang dapat kami bahas . mudah-mudahan dapat jadi bahan bacaan yang bermanfaat. sekiranya bermanfaat monggo dishare!! terimakasih..

Advertisement