Mohon Perhatian ! "Jika Laman website ini tidak tampil dengan sempurna mohon matikan terlebih dahulu ADBLOCK anda kemudian refresh ulang laman ini. Terima Kasih."

Penyebab AC Mobil Bau gak Sedap

Monday, January 7th 2019. | ac
Advertisement

Advertisement

Penyebab AC Mobil Bau gak Sedap

mengendarai mobil dengan AC yang menyala tentu dapat menambah kenyamanan kita terlebih sedang seumpama temperatur diluar sangatlah panas, kita didalam mobil masih dapat tersenyum bahagia karna selalu merasakan hawa yang sejuk dari AC mobil.

tapi apa jadinya seumpama nyatanya udara yang keluar lewat blower AC itu keluarkan bau yang apek, gak fresh, bahkan juga juga bau busuk yang berhembus, menyalakan AC eh baunya menusuk hidung, gak dinyalakan kok yups hawa didalam kabin mobil sangatlah panas sekali. tentunya hal semacam ini dapat menambah ketidak nyamanan kita dlm berkendara menggunakan mobil kesayangan.

Kebanyakan permasalahan bau bauan yang keluar dari AC ini disebabkan oleh evaporator AC yang kotor baik itu kotor karna jarang dibersihkan, karna kekeliruan kita yang suka merokok didalam kabin mobil dengan situasi AC menyala, atau pun adanya hewan seperti cicak atau kadal yang terjebak didalam kisi kisi evaporator lantas mati dan bau bangkai itu ditiup oleh blower keseluruh kabin.

Apa itu evaporator ?

Evaporator ialah bagian komponen perlu didalam sistem AC mobil yang berperan bagi menyerap seluruh hawa panas disekitarnya karna proses perubahan freon dari cair jadi gas. temperatur panas disekitar evaporator dapat diserap dan dibawa menuju ke bagian kondensor dan dibuang ke udara bebas dengan proses kebalikannya yaitu dari freon gas yang dicairkan. lantas hawa dingin ini dapat ditangkap oleh kisi kisi evaporator yang kedepannya dapat ditiup oleh blower keseluruh area kabin hingga kabin mobil dapat terasa sejuk mengasyikan.

Penyebab AC Mobil Bau gak Sedap

Banyak sekali mengapa evaporator ini jadi kotor dan keluarkan bau yang sangatlah busuk yang diantaranya ialah sebagai seterusnya:

1. Merokok disaat AC tengah menyala
hal semacam ini dapat membuat asap rokok terhisap oleh blower dan sisa sisa asap itu dapat melekat pada kisi kisi evaporator. Lama kelamaan dapat membuat evaporator berlendir dan menimbulkan bau yang gak sedap. itulah mengapa banyak sekali peringatan dilarang merokok pada ruangan ber AC termasuk juga didalam mobil.

2. Adanya hewan kecil yang jatuh ke evaporator
Terkadang tanpa ada sepengetahuan kita ada hewan kecil seperti cicak, kecoa, kadal dan lain sebagainya yang keluyuran didalam kabin mobil milik kita. disaat lewat bagian tertentu hewan ini dapat terhisap dan jatuh termasuk juga evaporator dan terjebak disini lantas mati. Nah bangkai hewan mati ini pastilah busuk sekali, dan disaat blower AC menyemburkan udara dingin dari evaporator otomatis bau busuk dari bangkai dapat menyebar.

3. usia evaporator yang udah tua
Kejadian AC mobil bau yang diakibatkan karna udah terlalu tuanya evaporator ini jarang jalan, tapi beberapa kasus memang sekian, AC bau busuk karna usia evap yang udah tua dan butuh dilakukan penggantian.

4. Saringan udara atau filter kabin kotor
Beberapa jenis mobil memasang filter udara yang menyaring debu atau kotoran yang dibawa oleh blower agar gak masuk termasuk juga kabin mobil. tidak cuman melindungi kebersihan mobil keberadaan cabin filter ini juga berfaedah bagi kesehatan pengendara karna debu gak masuk dan terhisap oleh paru paru. Dan seiring lamanya waktu banyak sekali debu dan kotoran yang menumpuk pada filter udara ini hingga membuat bau apek keluar. Disamping itu juga membuat AC jadi terasa gak dingin atau dinginnya berkurang.

sekian artikel tentang Penyebab AC Mobil Bau gak Sedap yang dapat kami bahas . mudah-mudahan dapat jadi bahan bacaan yang berfaedah. seumpama berfaedah monggo dishare!! terimakasih..

Advertisement